Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Langsat (Duku) - wikiflorafauna

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Langsat (Duku)

Share:
Buah Langsat merupakan buah yang sudah lama kita kenal, phon ini diklasifisikasikan pada famili Mahoni, buah ini juga dikenal dengan sebutan buah duku. Buah ini dapat kita temui dari wilayah Asia Tenggara, termasuk indonesia. Langsat merupakan buah yang memiliki bentuk dan warna bagian luarnya yang mirip dengan kentang, hanya saja ukurannya lebih kecil. Pada bagian dalamnya ia memiliki daging buah berwarna putih dan memiliki biji.

Kandungan Nutrisi Dalam Buah Langsat (Duku)

Langsat merupakan buah yang kaya nutrisi yang mengandung banyak elemen penting seperti protein, karbohidrat, mineral, vitamin dan serat makanan.  Dalam 100 gram buah langsat diperkirakan mengandung Protein 0,8 g, karbohidrat 9.5g, fiber 2.3g, Kalsium 20 mg, Fosfor 30 mg, Vitamin A 13IU, Tiamin 89mcg, riboflavin 124mg, dan Asam askorbat 1mg.

Manfaat Buah Langsat Bagi Kesehatan (Duku)

Sumber Vitamin A

Langsat merupakan buah buahan yang mengandung tinggi vitamin A. Vitamin A merupakan ko-faktor penting bagi banyak fungsi tubuh yang vital. Jenis vitamini ini diperlukan oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan kulit, mata, gigi dan jaringan ,  mata, kulit, jaringan tulang dan selaput lendir.

Sumber Antioksidan

Langsat mengandung banyak antioksidan kuat yang melawan kerusakan radikal bebas pada sel-sel. Kerusakan oksidatif pada sel-sel dapat menyebabkan pembentukan tumor dan kanker; langsat mengandung limnoids yang anti-kanker di alam dan melindungi tubuh dari berbagai unsur penyebab kanker.

Sebagai Zat Antimalaria

Banyak penelitian sedang berlangsung untuk membuktikan kemampuan biji langsat sebagai potensi anti-malaria terapi. Juga, kulit dan daun terbukti dimiliki sifat anti-patogen terhadap Plasmodium falciparum, sebuah malaria menyebabkan parasit. Mereka mengandung senyawa kimia seperti yang mengganggu siklus hidup patogen dan membunuh mereka.
Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Langsat (Duku)
Buah Langsat by Obsidian Soul - Own work. Licensed under CC BY-SA 3.0via Commons.

Mengatasi Deiare

Langsat memiliki kandungan serat, oleh karenanya langsat sangat baik dalam menjaga kesehatan usus termasuk mengatasi masalah diare. Tidak hanya itu, bagian kulit dari langsat  dan bagian kulit pohon juga dapat mengatasi mengatasi disentri dan diare. Hal ini karena kulit pohon langsat mengandung zat anti spasmodik, sementara kulit buah langsat mengandung oleoresin.

Mengatasi Demam

Buah Langsat juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi flu dan demam. Hal ini karena buah langsat memiliki kandungan  vitamin C yang membantu dalam mengurangi flu dan demam. Kita dapat memanfaatkan ekstaak langsat menurunkan suhu tubuh.

Mengatasi Peradangan

Kulit  langsat juga dapat kita manfaatkan dalam mengurangi peradangan.Kulit dapat digunakan untuk mengobati  kolik, bengkak, bisul dan perut kembung. Bubuk dari kulit pohon langsat juga dapat digunakan untuk mengatasi sengatan kalajengking untuk menyembuhkan reaksi alergi dan peradangan akibat sengatan tersebut.

Mengatasi Masalah Kulit

Kulit langsat dapat kita manfaatkan dalam mengatasi berbagai  masalah kulit seperti ruam, jerawat, gatal dll Kita dapat menggosokan kulit langsat pada area kulit yang mengalami masalah untuk mengatasi mengurangi kemerahan, peradangan dan gatal-gatal.